Berbagi cerita, menggantikan buku harian semasa SD ..

Rabu, 12 November 2014

ANNAR

Masalah adalah salah satu cobaan yang di berikan tuhan kita untuk mengukur seberapa berimankah kita terhadap dirinya .
taukah kamu, disetiap masalah akan mengajarkan kita tentang banyak hal, kedewasaan, kesabaran adalah salah satu sisi baik dari masalah yang kita dapat.
yakinlah ALLAH swt tidak akan memberikan masalah diluar batas kemampuan umatnya, dan ketahuilah bahwa di setiap masalah pasti akan ada jalan keluarnya, tinggal bagaimana cara kita untuk menyelesaikan masalah tersebut, 


kesabaran.. ?? 
ada yang pernah bilang sama gue, " jangan berdoa untuk di berikan kesabaran sama ALLAH swt. karena ketika berdoa seperti itu, di depan sana sudah menunggu setumpuk masalah untuk menguji kesabaran "
percaya apa engga? 
ada ada ajah emang tuh orang !!
gue yakin banget ALLAH itu memberikan setumpuk kesabaran buat umatnya menghadapi masalah nya masing masing. 

gue begitu yakin soal itu, di depan gue ada contoh yang nyata, betapa ALLAH memberikan nikmat kepada umatnya yang bersabar .. 

mungkin cerita kaya gini udah banyak banget di ceritain semua orang. 
gue engga sengaja ketemu sama anak penjual kerupuk, kerupuk tempe, harganya seribuan. di belakang stasiun palmerah seberangkat gue kerja.
kebetulan pada saat itu kondisi jalan buat nyebrang rame banget, padahal ada lampu merah khusus buat penyebrang jalan.
kenapa rame, itu gara2 penumpang kereta yang baru turun dari kereta lansam pagi itu.
ga tau kenapa tiba2 di tengah jalan ada anak kecil lagi mungutin kerupuk yang jatuh di sekelilingnya dia, tanpa ada yang ngebantu satupun orang2 yang lewat !! hemm jakarta .. 

gue ga mau jadi salah satu orang yang acuh sama kaya orang2 yang lewat itu,
dengan sedikit panik, karena di tlaksonin sama mobil dan motor, gue ketengah jalan dan ngebantuin anak itu sampai semua kerupuknya di taro di kranjang yang dia bawa. 

andai ajah semua orang pada tau, anak ini ga seperti anak jalanan lainnya, dia bersih, putih, sipit, bajunya pun ga lusuh. terawat deh pokoknya !! 
gue ajah sampe heran sendiri.

selepas dari gue ngebantuin dia, gue bawa dia sampai kepinggir jalan.
sedikit ngobrol sama dia sambil dia menawarkan dagangannya,, berhubung gue kesian sama dia ya gue beli ajah.

masalah sudah selesai,
keesokan harinya pas gue pulang kerja,
anak itu nungguin gue di sebrang jalan menuju stasiun palmerah
dia manggil gue dan tiba2 dia ngasih gue se kantong kresek kerupuk tempe.
dia kasih dengan cuma cuma
baik banget itu anak. tapi ya tetep gue bayar!! 

beberapa hari gue ketemu dia terus.. lama2 jadi akrab..
namanya anar , gue ga tau nama aslinya siapa yang jelas panggilan nya itu anar.

gue kepo banget sama anak ini. 

gue ngobrol sama dia sambil mencari tau, sebenarnya dia jualan kerupuk ini buat apa si??
kebetulan di belakang stasiun palmerah itu ada tukang somay,
dan gue ngajak anar buat makan somay disana sambil ngobrol bareng.

tau ga si, dia itu bukan anak jalaan, dia adalah anak dari golongan keluarga yang mampu, bahkan dia menjadi salah satu siswa di sekolah terfavorit disana. gue ga perlu sebutin nama sekolahnya apa.

dan dia cerita sama gue, kalau dia jualan kerupuk itu untuk membantu temennya.
nalar ga sih ?

anar, tinggal di salah satu perumahan di jakarta, rumahnya besar, di komplek pula.
komplek perumahan tersebut di batasi oleh tembok yang sangat tinggi..
setiap pagi, sebelum anar di antar ke sekolah, dia selalu melihat pak satpam yang sedang mengusir anak jalanan yang sedang mengais makanan di tempat sampah di lingkungan rumah nya.
begitu dia bercerita

dia berfikir, ketika anar dengan enaknya setiap pagi sarapa denga roti atau makanan yang enak, sedangkan anak itu ketika ia lapar harus mencari makanan sisa orang lain.
anar mencari tau tempat tinggal seorang anak yang sering mengais makanan sisah di lingkungan rumahnya.
dan ternyata rumah anak itu tepat berada di belakang rumah anar .
rumah kayu yang tak layak untuk berisikan 3 orang anak dan satu nenek yang sudah tua.

anar bilang sama gue, kalau dia niat untuk ngebantu anak itu mendapatkan makanan yang layak untuk di makan, tapi dia ga mau minta sama orang tuanya, maka dari itu setiap pulang sekolah anar selalu berjualan kerupuk. keuntungan dari jualan kerupuk semuanya di kasih sama anak itu buat beli makanan untuk adik2 nya dan juga neneknya, dan anak itupun juga berjualan kerupuk tapi di tempat yang berbeda.

si anar ga di omelin sama orang tuanya?
hmm.. katanya orang tua anar itu super ekstra sibuk, keduanya bekerja, brangkat pagi dan pulang larut malam.

di selipan obrolan kita, anar bilang sama gue..
" kak, nikmat allah buat aku itu ga ada batasnya, masa aku sudah di kasih kenikmatan sedemikian banyak tapi ga mau berbagi sama orang lain yang membutuhkan "

terkesima gue sama anak ini

"kaka tau ga nikmat yang aku rasain tapi ga dia rasain ?? "

"apaan nar ?? "

"rumah yang bagus, ga perlu susah2 nyari makanan di bak sampah, setiap aku mau makan juga sudah di sediain di meja, dan walaupun orang tuaku kerja, tapi aku masih mendapatkan kasih sayang dari mereka, ga kaya dia yang susah payah buat menghidupi nenek sama adik2 nya, padahal usianya sama kya aku "

seketika gue diem..
gue yang umurnya udah segini banyak ajah ga ada kepikiran sampai kaya gitu, gue yang udah berpenghasilan ajah masih suka pelit buat ngebantu orang..
pikirannya ngumpulin duit buat beli ini itu, buat nyenengin diri sendiri tanpa mau tau kesulitan orang yang ada di sekitar gue.

jatuh cinta gue sama sikap anak ini,

setiap sore kalo gue lewat stasiun palmerah itu ketemu sama dia, ya, ga bisa bantu apa2, yang bisa gue bantu cuma ngebeli jualannya dia dan gue bagiin sama orang2 kerupuknya.

ANNAR salah satu pencerahan buat gue..




Tidak ada komentar: